Membuat aplikasi sejatinya adalah kegiatan untuk membuat sesuatu agar suatu kerjaan lainnya menjadi lebih mudah. Bagaimana membuatnya terkadang sebagai pengguna akhir yang terima jadi tidak tahu menahu bagaimana kesulitan membuat aplikasi. Padahal, untuk membuat software yang kita gunakan untuk membuat aplikasi yang kita inginkan juga mereka membutuhkan biaya, maka mereka layak dan berhak kalau software tersebut dihargai dengan uang yang terkadang cukup mahal untuk kantong kita.

Namun, sebenarnya penggunaan software premium tersebut adalah pilihan, karena biasanya software yang dibeli tersebut memiliki fitur yang lengkap yang kita butuhkan untuk membuat aplikasi, berbeda jika kita menggunakan versi trial. Dan biasanya software-software tersebut digunakan dalam lingkup pekerjaan (kantor dan perusahaan), karena secara pendirian mereka terikat dengan hukum dan transparasi jadi apabila diketahui kantor atau perusahaan tersebut menggunakan software versi crack terntu perusahaan tersebut akan ditindak secara hukum.

Lalu, bagaimana bagi suatu kelompok atau perorangan yang tidak sanggup membeli software yang mahal tersebut? Tentu ada alternatif lain yaitu menggunakan software open source. Software ini tidak kalah fungsi dan kelengkapannya dengan software berbayar, bedanya ini gratis atau murah (sistem donasi) dan kebiasaan penggunaan saja yang berbeda. Namun, bagi yang sudah terbiasa menggunakan software bajakan, ditawari yang legal dan gratis justru membuat dia menjadi lebih bingung menggunakannya karena harus beradaptasi lagi. Biasanya pengguna software open source ini yang memang sudah memiliki ketertarikan dengan software tersebut dan yang memang sudah terbiasa menggunakan software-software open source.

Jadi, menurut saya mengapa kita dianjurkan menggunakan software open source untuk membuat aplikasi sebenarnya jika kita memiliki uang untuk membeli software tersebut tidak akan jadi masalah, tinggal beli dan gunakan, namun secara materil kita tahu untuk perorangan hal ini cukup mahal maka dianjurkanlah menggunakan software open source ini. Janganlah membajak software yang sudah dihargai mahal karena mereka layak dan berhak dihargai atas usahanya membuat software tersebut. Daripada harus menggunakan software yang bajakan dan ilegal, lebih baik kita biasakan menggunakan software open source yang pastinya legal.

Sumber : Diri Sendiri

Mengapa Kita Dianjurkan Menggunakan Software Open Source Untuk Membuat Aplikasi?

Posted on

Wednesday, April 22, 2015

Leave a Reply