Budaya Indonesia
Manusia adalah makhluk ciptaan Allah, Benar
Manusia adalah makhluk sempurna, Ya

Manusia disebut makhluk sempurna karena manusia diberi akal dan nafsu, tidak seperti makhluk ciptaan Allah lainnya.
Contoh : Malaikat diciptakan Allah diberi akal, tapi tidak bernafsu. Hewan diciptakan Allah diberi nafsu tapi tidak diberi akal.
Maka dari itulah manusia disebut makhluk yang sempurna.
Karena kelengkapan itulah, manusia dapat menciptakan karya-karya baik berbentuk konkrit maupun abstrak. Karya yang berbentuk konkrit itu misalnya seperti pesawat terbang. Manusia punya hasrat (nafsu) menjelajah dunia, akhirnya mereka berfikir (dengan akal yang diberi oleh Allah) bagaimana caranya untuk ia dapat pergi keliling dunia, akhirnya berkat dua hal itu terciptalah ide dan gerakan untuk membuat pesawat terbang. Begitu juga dengan hasil karya manusia yang berbentuk abstrak, Budaya. Sebenarnya budaya tidak selalu berbentuk abstrak seperti kerak telor, adalah manifestasi dari kebudayaan Betawi, yaitu makanan khas Betawi.

Nah, bicara tentang Budaya, pastinya selalu lekat erat hubungannya dengan manusia. Tentu saja, karena Budaya adalah manifestasi dari pikiran manusia dengan beberapa faktor yang ikut dikaitkan secara kompleks dan menyeluruh dalam segala aspek kehidupan.
Bicara tentang budaya (lagi), biasanya orang-orang mengaitkan atau memandang sebelah mata dengan sesuatu/hal yang kuno, Kebudayaan. Padahal, ada juga yang namanya Budaya modern. Orang-orang zaman sekarang yang tinggal di era milenium, globalisasi, modernisasi dan westernisasi juga disebut orang yang berbudaya, budaya orang modern. Gaya hidup mereka berbudaya, namun sayang orang-orang yang hidup dizaman modern seperti ini biasanya bukan budaya tanah airnya yang diterapkan tetapi malah budaya barat yang diterapkan, tidak sedikit dari mereka yang sudah benar-benar meninggalkan budaya tanah airnya.

Seharusnya, diarus modernisasi seperti ini, kita harus lebih siap untuk menyaring segala hal, apa yang boleh kita ambil dan terapkan dalam kehidupan maupun hal negatif yang harus kita hindarkan. Manusia dan Budaya adalah satu kesatuan, Manusia menciptakan Budaya untuk mengatur kehidupan menjadi lebih baik dan budaya juga diciptakan oleh para leluhur kita bukan diciptakan semerta-merta untuk dilupakan.

Saya rasa cukup opini saya tentang Manusia dan Budaya, biar bagaimanapun Manusia dan Budaya akan selalu erat keterkaitannya.

Manusia dan Budaya

Posted on

Tuesday, March 6, 2012

Category

,

Leave a Reply