Selama manusia hidup didunia, maka mereka akan selalu terikat dengan budaya. Pada postingan saya sebelumnya, saya telah memberikan sedikit opini saya tentang hubungan manusia dengan budaya. Nah, pada postingan saya kali ini, saya akan memberikan sedikit pemahaman tentang Konsepsi Ilmu Budaya Dasar dalam Kesusastraan.

Pertama-tama saya jelaskan dahulu sedikitnya tentang kesusastraan itu sendiri. Pastinya beberapa dari kita masih sedikit yang paham/mungkin baru saja mendengar kata tersebut. Jadi, kesusastraan itu bisa juga disebut sastra dari seni, karena kalau bicara seni/sastra, maka ada kaitannya dengan kesusastraan karena kesusastraan adalah cabang daripada ilmu kesenian itu sendiri. Kesusastraan yang dihubungkan disini adalah prosa dan puisi. Sebenarnya prosa dan puisi "hampir" tidak bisa dibedakan, karena sama-sama berbentuk tulisan karangan. Nah, sekarang saya akan jelaskan satu persatu.
  • Prosa
Prosa adalah tulisan, biasanya kaitannya dengan puisi karena sama-sama berbentuk tulisan karangan, tetapi bedanya prosa dengan puisi adalah prosa lebih panjang dan bahasanya lebih to the point. Seperti arti dari kata prosa itu sendiri berasal dari bahasa latin yaitu "prosa" juga yang artinya terus terang/terang-terangan.
  • Puisi
Kalau prosa lebih panjang dan bahasanya lebih apa adanya, maka puisi adalah kebalikannya. Puisi adalah karya sastra berbentuk tulisan juga, namun dalam puisi pengaturan bahasa, rima dan pengulangannya digunakan untuk mendukung kualitas tulisan tersebut.

Jika kita lihat dari kedua penjelasan tadi, sebenarnya saya telah menuliskan macam-macam dari karya sastra.

Jadi, kesimpulan saya pada postingan kali ini adalah saya memberi sedikit gambaran Kesusastraan, yakni Karya Sastra. Mengapa hal ini perlu kita ketahui dan pahami?

Karena "satu"
manusia mau tidak mau, ditekankan ataupun sukarela, harus selalu menjaga kebudayaan, salah satunya adalah karya sastra, yang telah diwariskan turun menurun seperti dalam nilai-nilai kebudayaan yang kita amalkan dan lakukan pada kehidupan sehari-hari.

Konsepsi Ilmu Budaya Dasar dalam Kesusastraan

Posted on

Thursday, March 15, 2012

Category

,

Leave a Reply